Minggu, 11 Desember 2016 - 09:19:16 WIB
PELATIHAN JURNALISTIK UNTUK SISWA DAN GURU DI SMP PANGUDI LUHUR BAYAT - KLATEN
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan dan Pelatihan - Dibaca: 82170 kali

Sebagai perkumpulan nirlaba yang peduli pendidikan Paguyuban Merto Lungo (MeLu) berusaha mendukung pengembangan kemampuan pengetahuan dan ilmu para siswa. Salah satu program kerja Paguyuban MeLu tahun ini adalah penyelenggaraan kegiatan pelatihan jurnalistik untuk siswa didik dan guru di SMP Pangudi Luhur (PL) Bayat, kabupaten Klaten. SMP PL Bayat dipilih sebagai tempat untuk berbagi oleh MeLu bukannya tanpa sebab. Pada tahun 2014 ini, tepatnya tanggal 1 Agustus 2014 nanti, SMP PL Bayat akan merayakan ulang tahun ke-50.

Paguyuban MeLu berkomunikasi dengan Panitia Reuni Emas SMP PL Bayat dan selanjutnya menawarkan untuk terlibat dalam memeriahkan perayaan Reuni Emas dengan memberikan bantuan dana berupa penyelenggaraan Pelatihan Jurnalistik bagi siswa dan guru. Tawaran itu disambut baik oleh Pihak SMP PL Bayat maupun Panitia Reuni Emas SMP PL. Tentunya, Pelatihan Jurnalistik tersebut dapat menjadi salah satu sarana bagi pemberdayaan pendidikan untuk menuju manusia utuh, mandiri, dan empatik, sesuai dengan arah dan tujuan MeLu.

Setelah melalui proses dan persiapan yang cukup panjang, akhirnya Pelatihan Jurnalistik dapat diselenggarakan dengan baik pada 11 Mei dan 18 Mei 2014. Peserta yang mengikuti pelatihan berasal dari siswa-siwi dan guru-guru SMP PL Bayat, SMP PL Cawas, dan SMP Negeri III Bayat. Jumlah total peserta pelatihan untuk siswa adalah 29, sedangkan untuk guru adalah 21 orang. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Jurnalistik tersebut menandai pembukaan rangkaian perayaan Reuni Emas SMP PL Bayat, yang akan berpuncak nantinya pada tanggal 1 Agustus 2014. Acara pelatihan dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMP PL Bayat, Bpk. FX Heru Cahyana dan Ketua Panitia Reuni Emas SMP PL Bayat, Bpk. Antonius Mulyono Widodo.

Pelatihan jurnalistikPelatihan diberikan oleh orang-orang yang berkompeten di bidang penulisan, yaitu (i) Drs. Ignatius Adjie Rachmadji Primantoro, Redaktur Pelaksana dan Editor pada majalah Bianglala Yayasan Pangudi Luhur, (ii) Drs. J. Sumardianta, Penulis produktif di KOMPAS, JAWA POS, dan TEMPO, juga penulis beberapa buku antara lain Simply Amazing (Gramedia, 2009), Tapal Batas (Ed, 2011) dan Guru Gokil Murid Unyu (Bentang, 2013), (iii) Agnes Artha Ariadina S. Sos., Freelancer Tabloid NAKITA, Tabloid StarNova dan NOVA, serta reporter apakabarjogja.com. dan juga penulis buku Makan Uenaaak di Jogja (Prima Infosarana Media, Jakarta) dan Bedah Rumah Orang Beken (Kanisius, Yogyakarta), (iv) Drs. Nasarius Sudaryono, M.Si., penulis puisi, cerpen, dongeng anak dan naskah drama, juga menjadi editor ahli untuk penerbit Grasindo Jakarta, penerjemah untuk buku Kembalinya Anak Hilang dan Lepas Bebas (Kanisius), serta menjadi staf Litbang Majelis Nasional Pendidikan Katolik dan konsultan di sejumlah yayasan/LSM pendidikan.

Hasil akhir dari pelatihan itu adalah penerbitan buku yang berisi kumpulan tulisan para peserta pelatihan, baik siswa maupun guru, setelah menjalani pelatihan. Buku itu akan diluncurkan bersamaan dengan perayaan puncak Reuni Emas SMP PL Bayat pada tanggal 1 Agustus 2014 nanti.




    Komentar :


    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)